Tuesday, April 9, 2013

Rahasia Sukses BJ Habibie Jadi Pengusaha




Bukan rahasia umum jika Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie mempunyai banyak ide-ide segar serta salah satu pengusaha yang disegani dari berbagai kalangan.

Kepandaiannya dan kerja kerasnya untuk bisa menjadi seorang pengusaha pun ditularkannya kepada para wirausahawan muda. Suami dari almarhumah Ainun ini memberi tip dan triknya saat dulu dirinya masih menjadi pengusaha yang hebat.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 ini mengungkapkan kuncinya. Yakni proses dalam menghasilkan sebuah produk yang tepat waktu serta membuat produk tersebut menjadi berkualitas dan berbiaya rendah sehingga sukses di pasaran.

"Tipsnya selesaikan sesuai jadwal dan berkualitas, tidak ada trik. Setelah itu uang akan mengejar Anda," ujar Habibie, di Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Menurutnya, produk tersebut sudah harus teruji di pasar. "Pasti ada pasarnya, membawakan produk itu di pasar. Kita akan buat pesawat dan kendaraan hanya di garasi kita, ya enggak dapat duit. Itu sesutu yang wajar dan normal," tambahnya.

Habibie yang pernah menjabat sebagai presiden selama dua bulan dan tujuh hari tersebut berceloteh mengenai pesawat yang dibuatnya menggunakan uang dari perusahaan minyak.

Dia mengatakan, pada 1974, kenaikan harga minyak membuat pendapatan negara melonjak dan pendapatan tersebut digunakan untuk membuat pesawat buatan dalam negeri.

"Saya hadiahkan CN-235 untuk Bapak Presiden Soeharto dari uang minyak pada 1984. 10 tahun yang lalu saya sudah berjanji kepadanya," kenangnya.

Berkat keberhasilan Habibie, almarhum Soeharto pun memberikan restunya untuk mengembangkan industri pesawat, kereta teknologi, dan sebagainya untuk dikembangkan di Indonesia.

sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/01/17/320/747845/rahasia-sukses-bj-habibie-jadi-pengusaha

No comments:

Post a Comment